Jadwal dan Prosedur Pendaftaran Sbmptn 2013 Online

Posted by Online Consultant on Thursday, May 16, 2013

Kegiatan Pendaftaran Sbmptn 2013 Online telah mulai dibuka semenjak hari Senin, 13 Mei 2013. Sistem pendaftaran secara online yang digunakan tidak akan merugikan siswa, karena dengan sistem ini sejumlah persyaratan bisa dikirimkan dengan cepat tanpa hambatan batas-batas geografis, itulah keunggulannya internet. Selain itu akses login untuk mengelola akun pendaftaran dipastikan memudahkan siswa di mana pun mereka berada.

Pelayanan akses jaringan internet telah sampai ke berbagai pelosok negeri di Indonesia. Siswa peserta dari Sabang sampai Merauke bisa dan boleh mendaftar Sbmptn asalkan memenuhi sejumlah persyaratan. Apa saja persyaratannya? Inilah diantaranya :



Pendaftaran:

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  2. - Perlu dipahami bahwa siswa bukan hanya harus lulus ujian nasional (UN), namun juga harus lulus dari sekolah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

Penerimaan:

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Sebelum anda mengakses laman Pendaftaran Sbmptn 2013 (ujian.sbmptn.or.id), anda harus membayar dulu biaya ujian. Menurut panitia pembayaran telah dibuka sejak tanggal 10 Mei 2013. Untuk melakukan pembayaran biaya seleksi, calon peserta harus memahami kriteria seperti ditunjukkan dalam tabel berikut:

KategoriMendaftar Snmptn 2013Diterima sebagai calon peserta BidikmisiLulus Snmptn 2013
1 Tidak Tidak Tidak berlaku
2 Tidak Ya Tidak berlaku
3 Ya Ya Tidak
4 Ya Tidak Tidak berpengaruh
5 Ya Ya Ya

Keterangan Tabel:

  • Bagi calon peserta kategori 1, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10000 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Bayar Awal untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.
  • Bagi calon peserta kategori 2 atau 3, tidak perlu membayar biaya SBMPTN.
  • Bagi calon peserta kategori 4 atau 5, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10001 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Tambah Bayar untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.


Prosedur Pembayaran:

Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui channel berikut:

1. Mandiri Internet
2. Mandiri ATM
3. Mandiri SMS
4. Cabang Bank Mandiri
5. Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri).


Cara Pendaftaran Sbmptn 2013


Pada tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB, anda bisa mulai mendaftar. Silakan dibuka laman ujian.sbmptn.or.id. Di laman Pendaftaran Online Sbmptn 2013 tersebut anda harus mengisi sekitar 3 kolom isian yang terdiri dari Kode Akses Pendaftaran (KAP), PIN, dan memasukkan rangkaian huruf di atas Captcha atau Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Dalam pengisian Captcha agar difahami bahwa penulisan huruf besar dan huruf kecil sama saja (case insensitive) dan tidak ada angka.

Selanjutnya panitia Sbmptn juga menganjurkan agar para peserta dalam melakukan pendaftaran memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Fitur Javascript pada browser harus diaktifkan
  2. Fitur Cookies pada browser harus diaktifkan
  3. Jika meninggalkan komputer atau diganti oleh pengguna lain, pastikan anda sudah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia
  4. Bagi peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak di Kartu Peserta Bidikmisi
  5. Bagi bukan peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak pada Bukti Pembayaran dari Bank
  6. Hati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini
  7. Kesalahan pengisian dapat berakibat anda harus membayar biaya ujian lagi
  8. Jika KAP dan/atau PIN yang tercetak pada bukti pembayaran salah, segera hubungi Bank Mandiri terdekat
  9. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Help Desk SBMPTN 2013 di alamat http://halo.sbmptn.or.id atau nomor telepon 0804-1-456-456


Himbauan kami untuk para siswa atau alumni SMA/MA sederajat termasuk SMK yang akan melakukan pendaftaran online, pahami cara atau prosedur pendaftaran yang baik dan benar. Tanyakan masalah-masalah teknis terkait pendaftaran online kepada guru-guru bimbingan konseling di sekolah atau kalau para alumni kepada tentor-tentor di bimbingan belajar. Namun kami yakin secara umum para alumni lebih berpengalaman dibanding siswa SMA/MA sederajat karena mereka kemungkinan pernah melakukan pendaftaran seperti Sbmptn online ini pada tahun-tahun sebelumnya dalam seleksi Snmptn atau jalur mandiri Perguruan Tinggi.

Selain itu kami menyarankan janganlah tergesa-gesa dalam melakukan pendaftaran. Memang kami simak bahwa ada juga panitia lokal yang menyarankan agar siswa mendaftar di awal-awal, namun karena pendaftaran berlangsung cukup lama dari 13 Mei s.d. 7 Juni 2013 sebaiknya pikirkanlah secara matang. Apalagi para siswa yang berminat Sbmptn banyak juga yang sudah mengikuti Snmptn, tentunya mereka masih menunggu hasil Pengumuman Snmptn yang dijadwalkan tanggal 28 Mei 2013.

Beruntunglah dan selayaknya bersyukur kepada Allah SWT., bahwa Pemerintah Indonesia selalu terus berupaya memberi peluang dan cara pada lulusan SMA/MA sederajat untuk bisa meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penyelenggaraan seleksi PTN periode pertama tahun ini yakni Snmptn yang walaupun hasil baru akan diumumkan 28 Mei, namun pasca ujian nasional beres, pihak Kemdikbud membuka kembali seleksi masuk PTN yang kita kenal dengan nama Sbmptn atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Cara pendaftaran Sbmptn sebagaimana halnya Snmptn, ternyata tidak menyulitkan. Para calon peserta Sbmptn yang ada di pelosok pedesaan pun bisa memanfaatkan warnet atau bisa juga menggunakan fasilitas internet yang terdapat di sekolah-sekolah, tentunya dengan membayar atau meminta izin untuk melakukan pendaftaran. Apabila anda merasa kurang paham tentang cara pendaftaran online, anda bisa membaca petunjuk ini atau anda bertanya pada mereka yang berpengalaman dalam menggunakan internet.

Demikian Info cara Pendaftaran Sbmptn Online 2013 kami jelaskan, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!


Oleh team Tajug.com:
Drs. Asep R, SH
Dra. Enafa, SE

Sumber-sumber:
- Panitia Sbmptn (sbmptn.or.id)
- Team Info Sbmptn 2013 (Sbmptn.web.id)


Copyright © 2013 Tajug.com all rights reserved

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment